Wisata Pantai Congot Kulonprogo

Pantai Congot Kulonprogo

Pantai Congot adalah pantai yang terletak di Kulonprogo. Kebanyakan orang hanya mengenal pantai Glagah, tetapi ternyata ada begitu banyak pantai yang bisa dikunjungi dan tidak kalah indahnya. Pantai ini dianggap sebagai area memancing oleh penduduk lokal dan wisatawan Paket Wisata Yogyakarta yang datang.

Harga tiket untuk pantai Congot

Untuk memasuki area pantai ini, pengunjung hanya harus membayar Rp. 5000 saja. Biaya lain yang harus dibayar adalah biaya parkir, yaitu Rp. 2000 saja. Pengunjung yang datang ke tempat ini tidak hanya menikmati pemandangan, tetapi juga datang untuk memancing. Ada banyak ikan di daerah ini, karena ikan tersebut berasal dari Sungai Bogowonto.

Lokasi pantai Congot

Lokasi pantai ini berada di Dusun Pasir Mendit, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Pantai ini dekat hutan bakau, waktu tempuh untuk tiba hanya 15 menit. Awal mula pantai ini bisa terkenal dengan hutan bakau. Pengunjung yang datang ke bakau kemudian mengunjungi pantai congollos karena penasaran. Selain dekat dengan hutan bakau, Sungai Bogowonto juga dekat dengan pantai ini. Jadi setiap orang dapat berkunjung jika mereka memiliki kesempatan.

Layanan di Congot Beach

Berbeda dengan pantai Jogja lainnya, pantai ini memiliki keunikan yang berbeda. Jika sebagian besar pantai lain memiliki air biru bersih dari kejauhan, pemandangan pasir putih dan tebing. Lain halnya dengan wisata kulonprogo ini, Pantai Congot menyatu dengan hutan bakau yang dapat memberikan ketenangan tersendiri dan membuat pengunjung merasa dekat dengan alam.

Baca juga : Destinasi Tempat Wisata di Jogja

Beberapa fasilitas yang akan didapat pengunjung jika mereka datang untuk mengunjungi pantai ini adalah sebagai berikut:

  1. Pemandangan hutan bakau, karena pantai ini menyatu dengan hutan bakau. Namun hutan bakau hanya bisa dinikmati. Keindahan alam yang ditemukan di pantai tidak ada duanya. Beberapa tanaman bakau juga tumbuh di sepanjang jembatan bambu. Tanaman bakau di tempat itu memiliki tujuan mengurangi penampilan abrasi sejak 1989. Namun, tanaman bakau justru membuat pantai semakin indah. Pemerintah kini aktif mengembangkan tanaman bakau, karena sudah menjadi aset wisata.
  2. Evergreens, selain mangrove, ada juga pohon evergreen yang membuat pemandangan lebih indah dan cuaca di sekitar pantai menjadi lebih suram. Meskipun pantai ini memiliki pasir hitam, keindahannya belum berkurang.
  3. Area parkir besar. Meski masih sangat terbatas, ketersediaan parkir cukup memadai di pantai ini. Pada hari-hari tertentu, seperti akhir pekan dan hari libur, pantai ini sangat ramai dikunjungi pengunjung hingga penuh.
  4. Musholla. Tempat ini juga menyediakan ruang sholat untuk tempat ibadah dan tempat peristirahatan. Meski kecil, namun masjid ini cukup menampung beberapa umat sekaligus.
  5. Di tempat ini ada juga beberapa warung makan yang bisa menjadi tempat pemberhentian saat Anda lapar.
    Jam buka Congot Beach

Bagi wisatawan yang ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, lebih baik datang dari pagi hari. Karena pantai congot buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore saja. Banyak orang berburu saat matahari terbenam ketika datang ke tempat ini. Tertarik berkunjung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *