Metode Dasar Agar Artikel Bisa Masuk Halaman 1 Google

Halaman 1 Google

Saat ini, Google masih menjadi salah satu mesin pencarian terbesar di Indonesia bahkan dunia. Hampir setiap miliaran orang menggunakan situs ini setiap bulannya. Maka dari itu, setiap pemilik website atau blog menginginkan web dan blognya dapat masuk dalam halaman pertama Google. Namun, bagaimana metode dasar agar artikel bisa masuk halaman 1 Google?

Seperti yang kita tahu, untuk masuk ke halaman 1 Google memang bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa cara agar web kita muncul di Google paling atas yang harus diperhatikan. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap informasi tersebut, simak ulasan berikut ini!

Metode Dasar Agar Artikel Bisa Masuk Halaman 1 Google

Beberapa orang mungkin akan frustasi jika website atau blog mereka belum juga dapat masuk di halaman pertama Google. Akibatnya, mereka kemudian mencari cara-cara instan, seperti memasang iklan, membeli jasa SEO, atau bahkan melakukan spam. Akan tetapi, hal ini tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan pastinya mengurangi omset.

Berikut adalah beberapa cara agar website muncul di halaman 1 hasil pencarian yang dapat diterapkan. Namun ingat, cara-cara di bawah ini mungkin saja tidak dapat menghasilkan hasil yang instan.

Membuat Situs Enak untuk Dilihat

Setiap orang mungkin bisa untuk membuat situs ataupun website. Akan tetapi, tidak semua orang dapat membuat tampilan websitenya enak untuk dilihat. Memangnya apa saja sih kriteria website enak dilihat? Situs atau website yang enak dilihat umumnya memiliki panduan yang jelas dan navigasi menunya pun tidak ribet.

Tak hanya itu, pengunjung juga senang untuk betah-betah di situ yang tidak menyediakan banyak iklan dan pilihan warnanya pun tidak merusak mata. Bayangkan saja jika orang pertama kali masuk ke sebuah situs dan merasa tidak nyaman. Pasti orang itu akan langsung keluar dari situs tersebut dan mencari informasi dari situs lain, bukan?

Memiliki Konten-konten Berkualitas

Salah satu cara agar blog tampil dihalaman pertama Google yaitu dengan menghadirkan konten-konten yang berkualitas. Tak hanya konten bagus saja, terkadang juga diperlukan menulis artikel SEO. Dengan begitu, konten-konten yang disajikan pun dapat dioptimasi dengan baik oleh Google.

Menggunakan Internal Link yang Relevan

Terkadang, untuk dapat muncul di halaman terbaik Google, situs yang digunakan juga harus memiliki internal link yang relevan dan saling berkaitan. Internal link yang seperti ini akan memaksa robot-robot crawl pada Google memastikan apakah situs tersebut berkualitas maupun tidak. Jika ternyata berkualitas, maka website akan secara otomatis terlihat di Google.

Sering Melakukan Backlink

Adanya backlink juga dapat mempengaruhi suatu situs untuk berada di halaman pertama Google. Backlink tersebut umumnya akan menghasilkan informasi dengan keyword yang saling berkaitan. Backlink ini bisa saja dibuat sendiri dengan menggunakan PBN.

Akan tetapi, akan lebih baik jika banyak website lain yang akhirnya memberikan backlink pada situs Anda. Pemberian backlink cuma-cuma ini bisa saja terjadi karena mereka merasa konten-konten tersebut berkualitas dan banyak menjawab kebutuhan user.

Kecepatan Website

Umumnya, kecepatan website juga dapat berpengaruh pada crawl Google. Tak hanya itu, pengunjung juga biasanya akan lebih memilih untuk mengunjungi yang cepat. Maka dari itu, usahakan agar kecepatan website ini tetap stabil agar kemungkinan untuk berada di urutan teratas juga semakin besar.

Menggunakan Jasa SEO atau PBN

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita bisa saja memanfaatkan jasa SEO atau PBN untuk memperoleh backlink. Jasa-jasa ini umumnya akan terus melakukan maintenance terhadap setiap perubahan algoritma Google. Adapun jasa SEO yang paling terkenal di antaranya adalah EDU, media sosial, PBN, SEO, dan lain-lain.

Fokus Pada 1 Topik atau Niche

Untuk website-website yang baru, sebaiknya lebih fokus pada satu topik atau niche saja. Website yang fokus membahas satu hal saja secara kontinyu dan bernilai, umumnya akan menjadi trend center. Jika sudah demikian, peluang untuk berada di halaman 1 Google akan terbuka lebar.

Website tersebut akhirnya juga akan memiliki pengunjung setia yang seirama dengan topik pembahasan yang dibuat. Pengunjung setia ini biasanya akan dengan suka rela memberikan backlink profil dan merekomendasikan website Anda ke orang lain.

Banyak Menggunakan Persamaan dan Kosakata yang Relevan

Salah satu cara agar blog muncul di Google paling atas adalah dengan menggunakan keyword LSI. Keyword LSI ini umumnya tidak berbeda dengan jauh dan masih relevan dengan keyword utama.

Jika sebelumnya ada yang mengatakan bahwa artikel dengan keyword yang berulang-ulang akan muncul di halaman pertama, kini hal itu tidak berlaku lagi. Mesin pencari Google cenderung akan menampilkan konten-konten yang memiliki banyak kosakata yang masih relevan dengan keyword.

Menggunakan judul H1, H2, dan H3 yang sesuai

Selain kosakata yang digunakan, judul pada H1, H2, dan H3 juga dapat berpengaruh pada posisi website. Penggunaan judul pada heading yang relevan dengan keyword membuat peluang website untuk berada di halaman pertama Google akan semakin besar. Kok bisa? Hal ini disebabkan lantaran website seperti ini akan lebih mudah dikenali oleh robot Google. Jadi, untuk membuat website atau blog berada pada halaman 1 Google memang bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa metode dasar agar artikel bisa masuk halaman 1 Google yang harus diterapkan. Hasilnya pun tidak dapat langsung dinikmati dengan instan. Ada proses panjang yang harus dilalui dengan sabar dan pastinya tak kenal kata menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *