Cangkang Sawit, Manfaat dan Kegunaannya

Cangkang Sawit

Kegunaan cangkang sawit sebenarnya bisa dikatakan cukup banyak. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk kehidupan sehari-hari. Cangkang atau tempurung sawit pada dasarnya mengandung banyak zat yang membuatnya bisa dijadikan sebagai bahan bakar dan lainnya. Berikut beberapa kegunaan dari cangkang atau tempurung sawit.

Kegunaan dari Cangkang Sawit

  1. Bahan baku arang

Kebanyakan orang mungkin menggunakan arang yang dihasilkan oleh kayu. Namun sebenarnya arang yang dihasilkan oleh cangkang atau tempurung sawit memiliki kualitas yang lebih baik. Cangkang sawit memang bisa diolah hingga kemudian menjadi arang. Anda bisa menggunakan arang jenis ini untuk menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan oleh arang dari tempurung sawit tentunya lebih tinggi kualitasnya bila dibandingkan dengan arang jenis lainnya. Selain itu arang ini lebih bersifat ramah lingkungan sehingga arang jenis ini sangat direkomendasikan bagi Anda.

  1. Bahan bakar

Cangkang atau tempurung sawit juga bisa digunakan sebagai bahan bakar. Terutama bahan bakar boiler atau ketel uap yang biasanya terdapat di beberapa industri atau pabrik. Cangkang ini bisa diolah hingga menghasilkan limbah yang kemudian bisa dijadikan uap. Uap sebagai hasil dari pengolahan limbah ini bisa digunakan untuk menggerakkan mesin turbin. Uap ini juga bisa digunakan untuk menggerakkan segala mesin yang menggunakan bahan dasar uap. Tentu saja cangkang ini bisa menjadi salah satu bahan bakar alternatif.

  1. Pakan ternak

Anda juga bisa menggunakan cangkang ini sebagai bahan untuk mmebuat makanan bagi hewan ternak. Untuk membuat pakan ternak maka Anda bisa menggunakan lapisan luar atau kulit daging dari kelapa sawit. Namun Anda harus mengolahnya dengan baik sehingga cangkang sawit ini bisa menjadi campuran yang baik untuk pakan ternak. Tentunya hasil olahan dari cangkang atau tempurung sawit akan menjadi pakan yang dapat membantu pertumbuhan hewan ternak Anda. Terutama bagi hewan sapi dan kambing atau unggas.

  1. Pengeras jalan

Penggunaan cangkang atau tempurung sawit selannjutnya adalah sebagai bahan pengeras jalan. Di beberapa daerah perkebunan kelapa sawit rupanya cangkang ini digunakan sebagai pengganti aspal. Jalan raya di kawasan tersebut dilapisi dengan menggunakan cangkang. Anda tidak perlu meragukan kualitas cangkang ini sebab cangkang sawit memiliki kualitas yang tidak kalah kuat dengan bahan lainnya termasuk aspal. Bahkan menggunakan cangkang tersebut membutuhkan biaya yang lebih murah bila dibanding dengan menggunakan aspal.

Pemanfaatan Cangkang Sawit

Kegunaan cangkang sawit seperti di atas mungkin sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang di beberapa kawasan. Cangkang jenis ini disebut juga Palm Kernel Shell yang dikenal memiliki banyak manfaat memang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Pemanfaatan tempurung sawit ini tampaknya semakin meningkat karena harganya yang relatif lebih rendah. Bahkan beberapa pabrik atau industri memilih untuk menggunakan tempurung ini sebagai bahan bakar seperti misalnya pabrik atau industri peleburan besi atau baja. Hal ini tidak luput dari kualitas panas yang dihasilkan oleh tempurung sawit. Tidak hanya industri besar saja tetapi pemanfaatan tempurung sawit juga mulai merambah ke industri kecil. Beberapa Beberapa IKM seperti misalnya industri tahu lebih memilih menggunakan Palm Kernel Shell sebagai bahan bakar produksi. Sebab penggunaan cangkang ini diperkirakan tidak menimbulkan pencemaran udara. Dengan kata lain penggunaan tempurung sawit sebagai bahan bakar lebih bersifat ramah lingkungan. Begitu banyak kelebihan dari cangkang atau tempurung dari kelapa sawit. Berbagai kelebihan inilah yang kemudian membuatnya semakin banyak dimanfaatkan oleh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *