Makanan Khas Pati

Makanan Khas Pati

Makanan khas Pati bisa menjadi pilihan bagi para penikmat kuliner. Tidak hanya terasa gurih, tapi ada paduan rasa manis maupun asin yang sangat pas di lidah. Tentunya hal ini menimbulkan rasa penasaran para pecinta kuliner. Berikut ini beberapa makanan khas Pati yang cocok untuk dipilih dan dicoba. Kamu dapat menemukan resep masakan terbaik hanya di laman https://makananoleholeh.com.

  1. Soto Kemiri

Soto yang satu ini adalah makanan khas Pati yang lezat tiada tara. Sesuai dengan namanya maka soto ini lebih banyak dimasak dengan menggunakan bumbu kemiri. Soto ini berisi daging ayam muda yang dipotong lebih kecil. Anda dapat menikmati soto ini dalam porsi mangkok kecil.

  1. Mangut Kepala Manyung

Pati yang terletak di kawasan pantai utara sehingga memiliki hasil laut yang melimpah termasuk ikan manyung. Ikan manyung yang digunakan akan diasap terlebih dahulu sebelum dimasak sehingga aromanya akan menjadi lebih harum dan meningkatkan selera. Masakan ini berwarna kekuningan karena diolah dengan menggunakan rempah kunyit.

  1. Nasi Gandul

Untuk makanan khas Pati yang satu ini sudah tentu tidak boleh terlewatkan jika sedang berkunjung ke kota Pati. Makanan ini disajikan dengan beralaskan daun pisang sehingga tampak unik. Sedangkan bahan dasar utamanya adalah daging sapi. Anda bisa menyantapnya dengan ditemani aneka lauk-pauk seperti tempe goreng dan bakwan sayur ataupun telur bacem.

  1. Sego Tewel

Sego bisa diartikan pula sebagai nasi. Sego sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa. Di Pati tentunya Anda bisa menikmati Sego Tewel dengan ditemani aneka lauk-pauk yang akan digoreng saat Anda memesannya. Makanan ini dihidangkan dengan alas berupa daun jati yang akan membuatnya menjadi terasa lebih gurih dan lebih enak serta lezat.

  1. Petis Kambing

Biasanya makanan khas Pati ini disebut pula dengan nama Petis Kambing Runting, sebab makanan ini berasal dari Desa Runting. Bahan dasar yang digunakan adalah daging kambing dan penyajiannya mirip gulai kambing yang banyak tersedia di restoran atau rumah makan. Keunikan pada makanan ini adalah kuahnya yang terbuat dari bumbu petis sehingga berwarna gelap dan lebih kental.

  1. Jangan Merico

Untuk makanan yang satu ini Anda juga bisa menikmatinya di Pati. Sesuai dengan namanya maka makanan ini didominasi oleh bumbu merica. Selain itu makanan ini juga dilengkapi dengan bumbu berupa daun singkil. Sedangkan ikan yang digunakan biasanya ikan kerapu dan ikan kakap serta ikan manyung. Makanan yang dicampur dengan asam tomat dan asam jawa ini tentu tidak perlu diragukan kelezatannya.

  1. Jangan Tempe

Bahan utama untuk membuat makanan jenis ini adalah tempe semangit atau tempe yang sudah busuk. Makanan ini biasanya dipadukan dengan merica dan cabai sehingga citarasa pedanya akan semakin terasa. Makanan ini tentu saja sangat cocok bagi Anda yang suka dengan makanan pedas. Anda bisa menikmati makanan ini saat berlibur di Pati tepatnya di Kecamatan Wesarijaksa.

  1. Swike Kerang

Swike kerang sangat cocok bagi Anda yang suka seafood. Kerang dalam makanan ini direbus bersama dengan kuah yang sudah dicampur dengan bumbu. Maka sudah tentu aromanya yang khas ini akan membuat Anda menjadi lebih berselera untuk menyantapnya. Ditambah lagi rasanya yang lezat akan membuat Anda menjadi ketagihan untuk memakannya.

Itulah beberapa jenis makanan khas Pati. Bisa juga diolah ulang dengan berbekal resep yang tersedia di dunia maya. Namun jika ada waktu, cobalah sempatkan berkunjung dan menikmati kuliner khas Pati yang menggoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *