Pengertian dan Macam Jurnal beserta Fungsinya

Pengertian dan Macam Jurnal beserta Fungsinya

Dalam akuntansi dan akuntansi, jurnal adalah semua transaksi keuangan dari suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat waktu dan dimaksudkan untuk mengumpulkan data, termasuk jumlah transaksi, nama-nama transaksi yang mempengaruhi atau mempengaruhi, dan waktu dari transaksi saat ini. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, majalah memiliki banyak arti, seperti jurnal (buku), buku yang digunakan sebagai perantara, buku harian, majalah khusus yang memuat artikel di bidang ilmu tertentu, dan banyak lainnya.

Jurnal adalah kutipan dari berbagai laporan di mana ada poin penting dalam jurnal. Jurnal ilmiah memiliki banyak jenis karena mereka mencakup semua bidang ilmu pengetahuan, termasuk ilmu sosial dan humaniora. Di bidang ilmu alam atau kedokteran, publikasi artikel ilmiah lebih penting daripada bidang akademik lainnya.

Jurnal adalah catatan pertama setelah bukti transaksi sebelum mencatatnya dalam buku besar. Mencatat transaksi dalam jurnal dilakukan sesuai tanggal terjadinya transaksi. Setiap transaksi akan dicatat dalam setidaknya satu akun yang didebit dan satu akun yang dikreditkan. Jumlah debit harus selalu sama dengan jumlah kredit. Transaksi dicatat dalam akun yang sesuai bersama dengan jumlah, untuk debit di sisi kiri dan untuk kredit yang ditempatkan di bawahnya di sebelah kanan.

Majalah dibagi menjadi 2 jenis, yaitu.

Jurnal umum

General Journal adalah alat log transaksi paling sederhana. Setiap transaksi dicatat dalam jurnal ini tanpa membedakan bentuk transaksi. Majalah umum cukup sesuai untuk digunakan di perusahaan dengan sejumlah kecil acara.

Baca juga : Harga Pokok Penjualan

Jurnal khusus

Perusahaan komersial yang memiliki banyak peristiwa transaksi berulang, majalah yang cocok untuk digunakan adalah majalah khusus. Jurnal ini dibuat dalam kolom dan dirancang untuk mencatat transaksi tertentu sambil memperhatikan akun yang harus dimuat dan dikreditkan. Buku majalah khusus sering dibuat oleh perusahaan dagang.

Fungsi dan tujuan majalah

  • Fungsi historis, setiap tes transaksi dilakukan secara kronologis, berurutan, sesuai dengan tanggal transaksi terjadi.
  • Fungsi mencatat, mencatat semua transaksi dalam fungsi analisis jurnal, merekam hasil analisis dalam bentuk debit dan mengkredit akun yang terkena dampak dan jumlahnya.
  • Fungsi instruksional, catatan yang terkandung dalam jurnal adalah perintah untuk mendebit dan mengkredit akun akuntansi sesuai dengan catatan yang terkandung dalam jurnal.
  • Fungsi informasi, yang menyediakan informasi atau penjelasan tentang transaksi yang dicatat.

Berbagai jenis Jurnal

Majalah memiliki beberapa jenis, di antaranya Anda dapat melihat yang berikut:

Jurnal Cetak

Majalah cetak adalah jenis majalah yang ditulis oleh berbagai penulis dan didistribusikan secara cetak. Majalah cetak juga terakreditasi dengan melampirkan nama-nama anggota bebestari dan bukti ujian majalah dan aturan akreditasi yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Namun, pada April 2016, akreditasi majalah cetak belum mulai terjadi dan telah digantikan oleh jurnal online atau yang sering kita sebut jurnal elektronik, yang tentu saja harus memenuhi standar ISSN yang berbeda dari jurnal cetak.

Jurnal Online

Untuk membedakan jurnal online asli dari definisi terbatas, ada dua definisi jurnal online yang dipahami.

  • Jurnal online adalah jenis majalah yang dapat diakses atau diperoleh secara online melalui situs web majalah atau situs web institusi. Jurnal online ini dapat dikatakan sebagai jurnal cetak, tetapi hasilnya online.
  • Jurnal online sejati adalah apakah majalah tersebut memiliki proses sistematis dalam pengelolaannya yang dilakukan secara online. Dalam hal ini, proses yang dilakukan antara penulis kemudian dilanjutkan oleh penerbit dan kemudian oleh mitra bebas melalui email dan kemudian memasuki proses keputusan jika jurnal diterima, ditolak atau harus diperbaiki. Ini tergantung pada pelaksana surat kabar dan sistem yang digunakannya. Yang harus Anda ketahui adalah bahwa majalah online akan lebih mudah dikenali dan didistribusikan secara luas jika majalah tersebut sudah memiliki DOI (pengidentifikasi objek digital). Ini seperti mobil atau motor yang memiliki nomor registrasi kendaraan.

Baca juga : Pengertian Akuntansi

Jurnal Lokal

Majalah lokal adalah nama yang direpresentasikan untuk mewakili majalah yang diterbitkan oleh suatu institusi dengan penulis dari institusi yang sama. Semua publikasi jurnal terdiri dari penulis dari lembaga itu sendiri dan jurnal tidak melalui proses peer-review atau jurnal hanya dibaca oleh lembaga itu sendiri dan umumnya tidak sejalan dengan artikel yang akan dibaca dan ditinjau.

Jurnal Nasional

Majalah nasional adalah jenis majalah yang ditulis oleh berbagai penulis asing dan juga ditinjau oleh pembaca asing. Namun, itu belum terakreditasi karena ada kemungkinan bahwa jurnal belum disetujui atau belum terakreditasi dan sudah mulai mengindeks ke berbagai lembaga yang diindeks baik di dalam maupun luar negeri.

Jurnal Internasional

Majalah internasional adalah jenis majalah yang menggunakan bahasa internasional seperti Inggris, Cina, Arab, dll. Namun, penunjukan internasional bukan hanya karena bahasa, tetapi karena penulis terdiri dari berbagai universitas di seluruh dunia dan memiliki mitra berkelanjutan yang ahli dan dapat dipercaya di bidangnya. Namun, itu tidak hanya mencapai tahap itu. Jurnal ini juga ditulis menggunakan OJS (Open Journal System). Majalah internasional juga dapat diambil dari majalah lokal jika penulis majalah hanya dari suatu lembaga di daerah itu sehingga dapat diklasifikasikan sebagai majalah lokal di luar negeri serta majalah Indonesia-Inggris yang ditulis oleh penulis lokal dari suatu lembaga di wilayah itu sendiri.

Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal internasional bereputasi adalah jenis jurnal yang telah lulus cek atau indeks dalam Thompson reuters dan Copernicus, DOAJ, CrossReff (sedang), dan SCOPUS (tertinggi). Majalah anak-anak Indonesia yang telah berhasil diindeks di Scopus umumnya dalam bahasa Inggris dan didasarkan pada sains dan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *