Cara Agar Mudah Tidur Menurut Islam

Cara Agar Mudah Tidur Menurut Islam

Cara Agar Mudah Tidur Menurut Islam – Dalam islam, apapun yang akan kita lakukan. Kita diwajibkan untuk berdoa. Saat ingin berangkat, berkerja, makan, hingga ingin tidur.

Terkadang beberapa orang memang memiliki kesulitan untuk segera tidur. Banyak penyebab dan penjelasanya untuk hal ini.

Akan tetapi, islam sendiri sudah mengajarkan untuk kita berdoa sebelum tidur. Bahkan Rosulullah telah memberikan banyak contoh. Apa saja yang harus kita lakukan sebelum kita tidur.

Dan tidak hanya itu, pola tidur pun sangat berpengaruh dengan kesehatan kita. kesehatan yang semakin menurun, akan memberikan banyak efek terhadapt kita.

Misalnya kita akan lebih mudah terkena penyakit. Untuk itu  kita akan membahas tentang  Dzikir Serta Do’ a untuk kamu yang Tidak bisa tidur.

Pastinya kita wajib mengenali do’ a dan amalan apa saja yang bisa membuat tidur lebih nyenyak serta bebas dari tidak bisa tidur.

Bagi rekan – rekan yang ingin menambah ilmu islami, rekan – rekan bisa membaca berbagai macam buku islami dari Wisata Buku sediakan. Silahkan cek lebih detailnya di laman https://wisatabuku.com.

Cara Agar Mudah Tidur Menurut Islam

Agama islam ialah suatu agama yang tidak cuma mengendalikan permasalahan ritual  ibadah saja, dalam kehidupan tiap hari pula terdapat ajaran serta anjuran yang dapat di simak buat memperoleh hidup yang baik cocok tuntunan yang telah dianjurkan oleh Rosulullah SAW.

Cara mudah untuk kamu  yang tidak bisa( tidak bisa tidur) dalam islam sesungguhnya ialah sunnah tidur Rasulullah SAW. Jadi tidur dengan mengamalkan sunnah Rosulullah hingga tidur yang kita lakukan hendak lebih nyenyak serta permasalahan sulit tidur bisa teratasi. Berikut ini sunnah Rosulullah yang teruji bisa mengatasi sulit tidur:

  • Jangan tidur sangat malam, umumnya Rasulullah tidur sehabis shalat isya’
  • Berwudhu saat sebelum tidur
  • Melaksanakan shalat witir
  • Mensterilkan tempat tidur serta mengibas- kibaskan kain
  • Membaca pesan Al- Ikhlas, Al- Falaq serta An- Naas setelah itu meniupkannya pada kedua telapak tangan serta mengusapkan nya ke segala bagian depan badan yang bisa di jangkau sebanyak 3 kali
  • Mematikan lampu saat sebelum tidur
  • Tiduran diatas rusuk sebelah kanan serta menghadap kiblat
  • Berdoa saat sebelum tidur
  • Jangan tidur tengkurap.

Berikut beberapa riwayat tentang  doa-doa yang ampuh untuk mengatasi susah tidur.

Riwayat Zaid bin Tsabit

Suatu ketika Zaid bin Tsabit susah tidur karena suatu alasan, kemudian ia mengadu kepada Nabi Saw, dan beliau mengatakan kepada Zaid agar membaca doa ini:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ ، وهَدَأَتِ الْعُيُونُ ، وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ ، يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَنِمْ عَيْنِي وأهْدِئْ لِيَلِي

“Wahai Tuhan yang mengorbitkan bintang-bintang, Yang membuat mata terpejam, Engkau adalah Yang Hidup dan Terjaga, wahai yang Hidup dan Terjaga lelapkanlah mataku dan redupkanlah malam.”

Setelah membaca doa ini. Secara seketika penyakit susah tidur zaid pun sembuh. Dan akhirnya Zaid dapat tidur pulas seperti biasanya.

Riwayat Khalid bin Walid

Pada riwayat ini, Khalid bin walid pernah menceritakan penyakit susah tidurnya kepada nabi pada malam hari. Dan Nabi Muhammad Saw menyarankannya untuk membaca doa ini.

فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَعَوَّذَ عِنْدَ مَنَامِهِ بِكَلِمَات اللهِ التَّامَاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Selanjutnya Nabi meminta Khalid bin walid untuk bertawwudz. Atau berdoa meminta perlindungan allah sewaktu akan beranjak tidur. Dengan membaca  “Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri.”

Dan pada kisah berbeda, Khalid bin walid juga mendapatkan doa dan resep yang berbeda.

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ جَمِيعِ الْجِنِّ وَالإِنْسِ ، وأَنْ يُفْرَطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يُؤْذِيَنِي عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ

“Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan  dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu.”

Riwayat-riwayat yang bersumber dari Khalid dan yang lainnya ini dapat kamu temukan pada kitab seperti Musnad al-Bazzar karya Abu Bakar al-Bazzar, al-Mu’jam al-Kabir karya al-Thabrani dan lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *