Goa Jepang Kaliurang, Akses, Aktivitas, Harga Tiket Masuk

Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang Kaliurang adalah salah satu situs bersejarah peninggalan Yogyakarta. Gua ini adalah gua buatan yang dibuat oleh tentara Jepang sekitar tahun 1942 – 1945. Gua ini dulu berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi pasukan Sekutu Jepang pada saat itu.

Gua Jepang ini terletak di Bukit Plawangan. Gua ini terdiri dari 25 gua buatan lainnya yang saling berhubungan. Lokasinya di atas bukit membuat perjalanan di sepanjang gua ini cukup melelahkan. Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya para pengunjung menyiapkan minuman untuk memuaskan dahaga mereka karena kelelahan.

Karena gua ini terletak di sebuah bukit dekat Gunung Merapi, pemandangan di sekitar gua ini tidak diragukan lagi begitu indah. Pohon-pohon rindang, udara dingin, dan suasana tenang pasti akan menjadi penangkal bagi mereka yang lelah bekerja.

Baca juga : Travel Semarang Purwokerto

Akses ke Goa Kaliurang Jepang

Akses ke Goa Kaliurang Jepang cukup mudah karena masih satu di kawasan wisata Kaliurang. Kawasan wisata Kaliurang berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Kawasan wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi selama satu jam.

Untuk sampai ke Goa, Jepang, pengunjung ke Kaliurang harus pergi ke tempat wisata Nirmolo. Dari pintu masuk Nirmolo, pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk mencapai gua Jepang ini. Setelah mencapai mulut Goa, saatnya untuk melakukan perjalanan melalui setiap bagian dari gua ini di Jepang. Mengingat ada 25 Goa buatan yang saling terhubung, ada baiknya pengunjung menyiapkan minuman agar mereka tidak cepat lelah.

Harga tiket untuk Goa Kaliurang Jepang

Harga tiket masuk Gua Jepang Kaliurang cukup murah, yaitu Rp. 8.000 per orang. Harga ini belum termasuk biaya parkir selama kunjungan. Harga tiketnya cukup murah, tidak sebanding dengan pengalaman menjelajahi gua dan sejarah yang bisa didapat pengunjung.

Baca juga : Travel Semarang Solo

Karena lokasinya di kawasan wisata Kaliurang. Jadi jika Anda sudah selesai menjelajahi gua, pengunjung dapat langsung melanjutkan liburan mereka ke objek wisata lainnya di Kaliurang. Inilah yang disebut efektif dan efisien saat berlibur. Anda tidak perlu pergi jauh jika ada berbagai objek wisata di satu area.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Goa Kaliurang Jepang

Aktivitas yang bisa dilakukan di Goa, Jepang Kaliurang adalah melacak eksplorasi isi gua. Pada dasarnya, wisata gua ini adalah wisata jalan santai atau tindak lanjut karena sebelum mencapai mulut gua, pengunjung harus melewati jejak selama 30 menit. Posisi gua di Bukit Plawangan membuat jejak ikutan, ada beberapa kali pengunjung harus menaiki tangga.

Setelah mencapai mulut gua, masih ada jalan lain di gua yang harus dijelajahi pengunjung. Namun perbedaannya adalah bahwa selama gua ini akan ada penjaga gua yang akan menjelaskan sejarah dan cerita yang berkaitan dengan gua Jepang ini. Setelah bosan menjelajahi gua, pengunjung dapat beristirahat sambil bermain ayunan. Juga, jika pengunjung memiliki makanan, mereka juga bisa memberi makan monyet di sekitar gua. Monyet-monyet ini dilepaskan di sekitar Goa Jepang ini. Habitat mereka yang hidup di antara pepohonan memungkinkan monyet-monyet ini hidup bebas. Juga, monyet-monyet ini sudah terbiasa melihat manusia, jadi tidak perlu takut ketika berhadapan dengan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *